3 Langkah Memilih Oli Terbaik untuk Motor Matik

Liputan6.com, Jakarta – Meski saat ini sepeda motor saat ini sudah memiliki teknologi dan fitur canggih, kendaraan roda dua ini tetap membutuhkan perawatan terutama urusan oli mesin.

Berfungsi untuk melumasi komponen di dalam mesin agar terhindar dari gesekan dan tetap awet, oli memiliki bahan khusus sehingga mampu mencegah benturan antara logam yang ada pada mesin.

Semua jenis kendaraan bermotor yang masih menggunakan mesin konvensional masih perlu menggunakan oli mesin.

Sebelum memutuskan membeli oli, pemilik harus tahu jenis yang cocok untuk kendaraan yang digunakan. Bila anda menggunakan motor matik, ada beberapa formulasi dan spesifikasi pada oli yang sudah disesuaikan dengan aktifitas penggunaan dan jenis kendaraan.

Berikut panduan memilih oli motor matik sesuai kebutuhan seperti dilansir Federal Oil, Kamis (11/7/2019).

2 dari 3 halaman

Sesuaikan dengan Rutinitas

Apabila pemilik kendaraan sering melalui jalur padat dan macet sehingga motor sering berhenti, Anda sebaiknya menggunakan oli yang memiliki zat aditif.

Dengan pelumas yang memiliki zat aditif, panas berlebihan pada mesin motor dapat berkurang.

Sesuaikan Kekentalan

Kekentalan pelumas mesin motor matik berbeda dengan jenis motor bebek dan sport. Oleh karena itu, pemilik motor memerlukan oli dengan kekentalan yang tepat.

Cari oli mesin dengan kekentalan API SL (Standart American Petroleum Institute) L yang sesuai dengan kebutuhan sepeda motor matik.

Pilih Oli Berkualitas

Pilih oli yang memiliki sertifikat API dan JASO. Adanya sertifikat API, membuktikan bila oli sudah diuji oleh American Petroleum Institute dan banyak dipakai di Eropa.

Sedangkan JASO membuktikan oli telah di cek kualitasnya oleh Japanese Automotive Standar Association dan oli ini banyak dipakai di Jepang.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: