4 Rahasia agar Ban Motor Tidak Cepat Botak

Liputan6.com, Jakarta – Ban merupakan komponen yang bersentuhan langsung dengan permukaan aspal. Sehingga kondisi ban harus selalu diperhatikan, dan jangan pernah menggunakan ban botak.

Botak pada ban itu pasti, tapi ada beberapa kondisi yang membuat ban lebih cepat botak ketimbang waktu yang seharusnya. Nah, menurut laman Suzuki Indonesia, ada 4 rahasia agar ban tak cepat botak yang wajib diketahui para pemilik motor, apa saja?

1. Rutin Bersihkan Ban Rutin Bersihkan Ban

Cara paling mudah adalah membersihkan ban, tapi secara rutin. Kotoran, debu, atau pasir yang menempel pada ban bisa menyebabkan ban mudah bocor atau pecah. Ketika membersihkannya, kondisi ban harus dibasahi dengan air sabun terlebih dahulu sebelum disikat.

2. Tekanan Angin Tekanan Angin

Rutin memeriksa tekanan angin ban secara rutin penting, agar tahu kondisi ban. Sedang kempes atau butuh angin, atau tidak. Sebab, ban akan mudah bocor jika dibiarkan dalam kondisi kurang angin. Imbasnya, ban juga bisa cepat botak, bahkan retak.

2 dari 3 halaman

3. Kelebihan Muatan

Setiap kendaraan punya kapasitas maksimal yang berbeda-beda. Jangan pernah melebihi kapasitas tersebut. Sebab, jika kelebihan muatan, bisa ban bisa lebih cepat botak dan berakhir pecah ban. Hal ini sudah pasti akan membahayakan keselamatan saat berkendara sepeda motor.

4. Tempat Parkir

Saat memarkirkan sepeda motor, cari tempat yang teduh. Jika terlalu sering parkir di bawah terik matahari, bisa membuat tekanan angin ban meningkat karena udara di dalamnya memuai.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: