4 Sepeda Motor Honda yang Namanya Sama dengan Mobil

Liputan6.com, Jakarta – Kehadiran Honda Genio yang baru saja diluncurkan oleh PT Astra Honda Motor menambah panjang daftar motor yang bernama kembar dengan mobil. Ya, di pasar Indonesia juga sempat beredar mobil bernama Honda Genio.

Setidaknya PT Astra Honda Motor memiliki 4 sepeda motor yang memiliki kesamaan nama dengan mobil. Uniknya, tak hanya dengan produk sesama Honda saja. Mobil dari pabrikan lain pun ada. Apa saja motor Honda yang memiliki nama kembar dengan dengan mobil? Berikut daftarnya.

1. Genio 

Mobil bernama lengkap Honda Civic Genio ini sempat digandrungi para anak muda sekitar tahun 1992 sampai 1995. Desainnya tampak keren kala itu dengan buritan hatchback khas mobil urban.

Untuk urusan performa, Honda Civic Genio mengandalkan mesin 4-silinder VTEC SOHC 1.590 cc. Dapur pacu tersebut mampu menghasilkan tenaga sebesar 120 hp dengan torsi 144 Nm.

2 dari 4 halaman

2. Supra

Honda Supra X 125 FI

Selain itu ada juga Toyota Supra dan Honda Supra. Meski bernama sama, Supra milik Toyota merupakan sportscar legendaris dan produk PT AHM itu adalah motor bebek dengan 2 pilihan mesin, 125 cc dan 150 cc.

Toyota Supra terbaru tak lama lagi juga akan masuk ke Indonesia. Sportscar ini juga telah tercatat di Samsat DKI Jakarta dengan NJKB (nilai jual kendaraan bermotor) sebesar Rp1,492 miliar.

Diprediksi Toyota Supra A90 di Indonesia nampaknya hanya akan memiliki 1 varian mesin, 6-silinder inline 3.000 cc turbocharger bertenaga 340 Tk dengan torsi 500 Nm.

Padahal, di Eropa dan Amerika, Toyota Supra terbaru juga ditawarkan dengan 2 mesin yang kapasitasnya lebih kecil, yakni 4-silinder 2.000 cc turbocharger 197 Tk 320 Nm dan 256 Tk 400 Nm.

3 dari 4 halaman

3. Beat

Honda BeAT Street eSP

Nama Honda Beat tentu sudah tak asing di Indonesia. Skutik entry-level 110 cc ini selalu menguasai pasar otomotif Indonesia dengan penjualan secara wholesales (dari pabrik ke dealer) yang berkisar di angka 100 ribu unit.

Ternyata, Honda Beat juga merupakan sebuah mobil yang pernah diproduksi di era awal 1990-an. Mobil ini adalah mobil terakhir yang mendapat campur tangan langsung dari pendiri Honda, yaitu Soichiro Honda.

Mesin yang diusung tak terlalu besar, hanya 3-silinder berkapasitas 656 cc bertenaga 63 Tk. Bahkan kecepatan maksimumnya hanya sekitar 135 km/jam.

Namun, dapur pacu tersebut memiliki teknologi MTREC (Multi Throttle Responsive Engine Control) untuk menyempurnakan performanya. Menariknya lagi, Honda Beat adalah mobil roadster sehingga memiliki atap soft-top yang dapat dibuka.

4 dari 4 halaman

4. GT-R

Nissan GT-R 50th Anniversary Edition.

Nissan GT-R tentu akrab terdengar di telinga para pecinta otomotif. Mobil berjuluk Godzilla ini adalah generasi terbaru dari Nissan Skyline GT-R yang dirilis pada tahun 2007 silam.

Ya, mobil ini bisa dibilang adalah reinkarnasi dari Nissan Skyline GT-R R34 generasi keempat yang disuntik mati pada tahun 2002 silam.

Tak seperti Honda Supra GTR dengan mesin 1-silinder 150 cc, Nissan GT-R dibekali dapur pacu berkonfigurasi 6-silinder V6 3.800 cc turbocharger bertenaga 562 Tk pada generasi terbarunya.

Mengusung konsep mobil sport coupe modern, Nissan GT-R memiliki atap melandai serta berbagai fitur canggih, seperti semi bucket-seat, head-unit touchscreen, dan kemudi multifungsi.

Sumber: Otosia.com