5 Cara Mengemudi Mobil Matic yang Benar untuk Pemula, Tak Perlu Takut

1. Fokus

Cara mengemudi mobil matic yang benar, langkah pertama dan yang paling utama ialah fokus. Kamu akan mengendarai mobil, dan kamu tidaklah sendiri saat berada di jalanan. Ada pengguna jalan lain yang juga berada di sekitar mobil.

Oleh karena itu, kamu tetap harus fokus jauhkan gawai saat kamu sedang belajar mengemudi. Perhatikan sekitar kamu bisa melihat spion samping kanan kiri dan tengah untuk melihat sekitar mobil.

2. Pahami Posisi dan Urutan Tuas Transmisi

Hal yang harus dipahami bagi pemula saat menggunakan mobil matik adalah posisi dan urutan pada tuas transmisi. Hal ini harus kamu pahami hingga di luar pikiran, sehingga tidak ada salah pengoperasian saat mau menjadi mundur dan sebaliknya.

Nah, umumnya, tuas pada mobil matic terdapat barisan kombinasi huruf dan angka, yakni P-R-N-D-2-L atau P-R-N-D-M (+/-). Berikut tips penggunaanya:

– Saat berkendara dengan kecepatan normal di dalam kota, dengan jalur yang tidak macet, sebaiknya menggunakan D.

– Pada saat jalanan macet atau berhenti di lampu lalu lintas selama kurang lebih 10 sampai 20 detik, sebaiknya tuas transmisi dipindahkan ke posisi netral atau N.

– Kamu juga harus membiasakan menginjak pedal rem terlebih dahulu saat ingin memindahkan tuas transmisi ke posisi ‘D’. Hal ini bertujuan menghindari mobil melaju dengan sendirinya.

– Apabila kamu berada di daerah penuh dengan tanjakan, maka sebaiknya tuas transmisi dipindah pada pilihan L atau 2.

– Beberapa mobil matic biasanya terdapat sebuah tombol kecil bertuliskan hold. Saat ditekan maka pada layar speedometer akan muncul tulisan kuning O/D.

Fitur hold ini sebenarnya adalah penguncian posisi gigi. Tombol dapat dioperasikan atau ditekan ketika posisi tuas berada di ‘D’. Dalam fitur ini akan mengunci di gigi 2 dan 3. Fitur ini juga mampu menghemat bahan bakar bensin kendaraanmu.

Perlu diketahui, menginjak pedal rem dan gas pada saat bersamaan bisa merusak transmisi matic. Oleh karena itu, operasikan pedal gas dan pedal rem secara bergantian saat mengemudikan mobil matic.

Sebaiknya, agar lebih aman dan nyaman saat berkendara, tempatkan kaki sesuai fungsi dan tugasnya di pedal pengoperasian mobil. Dengan menempatkan kaki sesuai fungsi dan tugasnya bisa mengurangi resiko membahayakan diri sendiri ataupun orang lain.