5 Keunggulan Lampu LED Dibanding Halogen, Apa Saja?

Liputan6.com, Jakarta – Lampu dengan teknologi light-emitting diode (LED) seperti sudah menjadi standar bagi beberapa pabrikan untuk sepeda motor barunya. Bahkan, tidak hanya lampu depan atau utama, penggunaannya juga sudah untuk bagian lampu belakang.

Semakin banyaknya penggunaan lampu LED ini, memang tidak terlepas dari keunggulannya dibanding lampu jenis halogen biasa. Beberapa di antaranya, adalah tahan guncangan, waktu respons cepat, hemat energi, ramah lingkungan dan menghasilkan pencahayaan serta warna sinar yang baik. Inovasinya pun makin merambah dengan banyaknya pilihan warna cahaya.

Berikut, seperti dilansir laman resmi Suzuki Indonesia, lima keunggulan lampu LED:

1) Lebih Awet

Lampu LED sudah terbukti lebih awet dan tahan lama, karena pemakaian daya yang relatif kecil. Mayoritas sepeda motor yang mengaplikasi headlamp LED, adalah sepeda motor yang sistem arus kelistrikannya sudah full DC, karena untuk lampu LED butuh arus listrik yang stabil.

2) Minim Perawatan

Lampu LED punya usia pakai yang panjang dan sangat jarang headlamp LED diganti. Tidak sama dengan headlamp yang masih memakai bohlam halogen karena sewaktu-waktu bisa putus, dan tidak jarang hanya putus salah satu, antara lampu jauh atau lampu dekat.