5 Teknologi Otomotif yang Lahir di Arena Balap

Liputan6.com, Jakarta – Balapan tidak sekedar mencari pembalap tercepat dan terbaik. Di ajang adu kecepatan tersebut menjadi laboratorium untuk menguji teknologi mereka.

Di samping itu, mobil-mobil modern saat ini mendapatkan banyak manfaat dari hasil pengujian melalui kompetisi adu cepat itu. Berikut 5 teknologi yang diwarisi arena balap yang mengubah dunia otomotif, seperti dilansir Zing:

1. Mesin Turbocharged

General Motors sudah memakai turbo untuk Oldsmobile F85 dan Chevrolet Corvair pada 1962, sebelum teknologi turbocharging diaplikasikan di trek F1. Tapi saat itu tak menghasilkan sesuatu yang signifikan, sampai pabrikan mobil lain ikut mengembangkannya.

Hasil menarik terlihat saat Porsche mengenalkan dua model Can-Arm 917/10 dan 917/30, serta Renault yang membawa teknologi turbocharging ke arena balap F1.

Hingga akhirnya kini mobil modern banyak menggunakan teknologi turbo. Menyusutkan kapasitas mesin, dan menambahnya dengan turbo. Selain mendongkrak tenaga, mobil juga bisa menghemat bahan bakar.

Teknologi turbocharging memungkinkan mesin yang lebih kecil bisa menghasilkan tenaga lebih besar. Itu kenapa Ford lebih memilih mesin V6 twin-turbo ketimbang v8 untuk F-150.