Adu Kejantanan Yamaha MT-25 dengan KTM Duke 250

Liputan6.com, Jakarta – Yamaha MT-25 mendapatkan pembaruan di sejumlah sektor. Wajahnya semakin agresif dan didukung dengan sejumlah fitur baru.

Kemunculannya bisa menggugah kembali selera pecinta naked bike Tanah Air. Saat ini, ia bisa dihadapkan langsung dengan KTM Duke 250. Manakah yang lebih baik?

Desain dan Dimensi

Bodi depan MT-25 lebih kekar, membuat jiwa street naked bike terbentuk kuat. Tampilan depannya diambil dari turunan MT series lainnya. Di Indonesia, ia serupa dengan MT-15. Dibanding model sebelumnya, nampak lebih keren. Ada perubahan pada bodi di tangki, shroud dan penopang lampu. Sudah pakai DRL dengan teknologi LED yang bentuknya menyipit, di bawahnya ada lampu utama model projector. Lampu sein depan maupun belakang sudah menggunakan pencahayaan dioda.

Sementara desain si Duke banyak sudut-sudut tajam yang mencerminkan motor sport. Ia juga sudah dimodali LED daytime running light (DRL) yang terintegrasi pada headlight bertipe Halogen. Walau belum full LED, tetap mampu menampilkan cahaya yang terang saat berkendara di malam hari. Bentuk wajahnya melancip ke bawah, menyesuaikan garis tubuhnya yang tajam dari depan hingga belakang.

Yamaha MT-25 menggunakan rangka tipe diamond, dengan optimum rigidity balance. Motor ini punya ketinggian jok 780 mm, jarak terendah ke tanah 160 mm. Dengan dimensi detail panjang 2.090 x 755 x 1.071 mm (PxLxT). Untuk pengendara yang punya tinggi 173 cm, kaki bisa menapak sempurna. Kelincahan bermanuver mudah didapat karena bobotnya 165 kg. Radiatornya memiliki dimensi besar, membuat suhu mesin stabil sehingga performa mesin optimal. Kapasitas tangkinya mampu menampung 14 liter.

Roda dua yang identik dengan warna jingga, pakai rangka teralis yang tergolong kuat dan kokoh. Bahkan teknologinya diambil dari motor balap Moto3 KTM. Dimensinya punya ukuran panjang 2.026 mm, lebar 836 mm dan tinggi 1.267 mm. Lalu untuk jarak terendah ke tanahnya mencapai 185 mm, tinggi tempat duduk 830 mm. Buat yang punya tinggi badan di bawah 170cm dijamin jinjit. Sementara penampung bahan bakar mencapai 13,4 liter.

2 dari 3 halaman

Mesin

KTM Duke 250 meluncur di Jakarta Fair 2017. (Herdi Muhardi)

Naked bike Yamaha menggendong mesin 250 cc 2 silinder, DOHC, 8 katup, fuel injection dan menggunakan teknologi balap DiAsil Cylinder & Forged Piston. Yang mampu menyemburkan tenaga maksimum hingga 35,5 hp di 12.000 rpm dan torsi 23,6 Nm di putaran 10.000 rpm. Tenaga mesin didistribusikan dengan sistem perpindahan gigi transmisi 6 percepatan. Juga dilengkapi dengan Liquid Cooled yang membuat suhu mesin stabil. Ditambah O2 sensor dan catalytic converter, yang menghasilkan gas buang ramah lingkungan.

KTM Duke dibekali mesin berkapasitas 248,8 cc 1 silinder, DOHC, 4-valve dan sistem pendingin cairan. Tenaga yang dihasilkannya mencapai 29,9 hp yang bisa diraih di putaran mesin 9.000 rpm. TOrsinya 24 Nm/ 7.500 rpm. Untuk transmisinya mengandalkan gearbox 6 percepatan, disempurnakan oleh fitur slipper clutch.

Di atas kertas memang terlihat Duke menawarkan akselerasi dan kelincahan. Sementara MT-25 menjanjikan performa untuk melaju ke kecepatan yang lebi tinggi.  memang di bawah MT-25, tapi soal torsi Duke lebih unggul. Apalagi dengan bobot keringnya yang cuma 146 kg. Selain itu, diklaim memiliki power to weight ratio terbaik di kelasnya.

Fitur

Fitur pada generasi MT-25 terbaru ada speedometer full digital yang informatif. Dilengkapi shift timing light untuk memudahkan pengendara mendapatkan performa optimal. Stang lebar yang membuat posisi pengendara lebih tegak, sehingga lebih nyaman. Suspensi depan up side down (USD), bikin handling lebih baik, stabil dan semakin gagah.

Dibekali side stand switch sama seperti skutik. Tapi ada perbedaan, saat standar samping turun, mesin masih tetap menyala. Mesin bisa mati seketika saat pengendara melakukan perpindahan gigi, contohnya dari N (netral) ke gigi 1. MT-25 menjadi motor sport pertama Yamaha yang dibekali fitur itu.

Selain sliper clutch, KTM sudah membekali Duke 250 dengan pengereman ABS (Anti-lock Braking System) dua chanel. Speedometer full digital, menampilkan beragam informasi secara detail dan mudah terbaca. Termasuk perpindahan gigi, indikator bahan bakar, rpm dan kecepatan. Stang juga mengadopsi handlebar, cocok untuk berkendara jarak jauh ataupun dekat.

Jok belakang dibuat terpisah dengan jok depan, menambah kesan sporty. Ia lebih unggul di bagian kaki-kaki. Yang menarik, ia pakai suspensi depan up side down dengan diameter sangat besar, berukuran 43 mm. Suspensi itu membuat tampilan Duke 250 terlihat lebih kekar. Selain itu, die-cast swing arm yang ringan dan kuat membuatnya lebih stabil di kecepatan tinggi.

3 dari 3 halaman

Simpulan

Untuk urusan kualitas, Yamaha MT-25 sudah cukup baik di kelas naked bike 250 cc. Dari penyegaran yang ia dapat, kini harganya menjadi Rp 53,9 juta (OTR Jakarta). Meski lebih mahal dari Duke 250, motor ini cukup nyaman untuk digunakan touring. Sementara KTM Duke 250 menawarkan tampilan yang out off the box. Penggunaan frame teralis yang terlihat mencolok menjadi daya tarik tersendiri. Terlebih harganya sedikit lebih murah, Rp 51,9 juta. Itupun sudah menggunakan pengereman bersensor dua chanel.

Sumber: Oto.com