Bangkitnya Ducati Pantah, Cafe Racer yang Hidup di Tahun 70an

Liputan6.com, Jakarta – Cafe racer ataupun aliran lain bergaya retro masih menjadi pilihan bagi para builder dunia. Salah satunya adalah rumah modifikasi XTR Pepo yang menyulap motor modern menjadi kental dengan nuansa lawas.

Mengutip dari Acidmoto.ch, rumah modifikasi asal Spanyol ini baru saja memamerkan hasil karya terbaru mereka, yaitu Ducati Pantah. Konsep cafe racer itu dipilih untuk mengenang Ducati Pantah yang sempat beredar di tahun 1970-an.

XTR Pepo menggunakan Ducati Monster 821 keluaran 2016 sebagai basisnya. Seluruh komponen baru pada motor cafe racer ini terbuat dari fiberglass yang juga dapat dipasangkan pada seluruh Ducati Monster.

Terlahir sebagai motor cafe racer, Ducati Pantah karya XTR Pepo memiliki bikini fairing atau half-fairing yang melengkung halus.

Bagian belakangnya diakhiri dengan jok single-seat dan bodi mirip buntut tawon menawan khas motor balap jalanan Britania Raya era 1960-an tersebut.

Sektor dapur pacunya hanya mendapat ubahan minor, seperti filter udara keluaran DNA dan knalpot full-system dari Spark.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

Bagian kaki-kaki juga diganti dengan menggunakan suspensi depan upside-down Ohlins, sedangkan velg hanya dicat ulang dan dipadu ban baru.

Seperti telah disebutkan sebelumnya, seluruh bodi baru pada Ducati Pantah XTR Pepo ini dapat digunakan pada seluruh Ducati Monster dan dijual per komponen melalui situs resmi mereka.

Tujuannya tentu pada supaya konsumen bisa memilih sesuai dengan keinginan dan budget mereka.

Sumber: Otosia.com