Banyak yang Tak Tahu, Ini Koleksi Mobil BJ Habibie

Liputan6.com, Jakarta – Sejak dua hari terakhir, kesehatan Bacharuddin Jusuf Habibie atau┬áBJ Habibie menurun. Alhasil, Presiden ke-3 Republik Indonesia ini menjalani perawatan intensif Tim Dokter Kepresidenan di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto Jakarta.

Seperti diketahui, BJ Habibie merupakan sosok yang berkontribusi besar terhadap dunia penerbangan Tanah Air. Tak hanya di dalam negeri, BJ Habibie ini juga diakui kecerdasannya di skala internasional.

Kecintaan BJ Habibie pada dunia transportasi ternyata tidak hanya berhenti pada pesawat terbang. Ia juga jatuh cinta pada beragam kendaraan roda dua dan empat terutama yang termasuk seri lawas atau klasik.

Di rumahnya, BJ Habibie memiliki garasi yang cukup luas dan nampak seperti tempat parkir yang berada di pusat perbelanjaan. Garasi ini dipenuhi dengan puluhan kendaraan klasik baik roda dua maupun roda empat.

Untuk tunggangan roda empat, BJ Habibie sangat menyukai pabrikan ternama asal Jerman yaitu Mercedes-Benz. Dari mobil-mobil yang dimilikinya, sebagian besar adalah Mercy seri klasik.

Salah satu yang cukup menarik perhatian adalah Mercedes Benz 300SL Gullwing. Mobil yang diproduksi antara 1954 hingga 1957 memiliki pintu yang dibuka secara vertikal dan merupakan seri sport pertama Mercedes dengan pintu gullwing.

2 dari 2 halaman

Performa Mumpuni

Sebagai sports car klasik, mobil ini memiliki performa yang mumpuni. Memiliki mesin enam silinder dengan transimisi empat percepatan, Mercy 300SL Gullwing mampu memuntahkan 215 Tk dan dapat mencapai kecepatan maksimum 260 km/jam

Untuk akselerasi, mobil ini dapat mencapai kecepatan 100km/jam dalam hitungan 7.4 detik.

Tak hanya kendaraan lawas, BJ Habibie juga memiliki keluaran baru dari pabrikan berlogo bintang segitiga ini.

Salah satunya adalah Mercedes-Benz S600. Mobil yang dikeluarkan pada 2014 ini memiliki harga sekira Rp 6 miliar.

Penulis: Khema Aryaputra