Berburu Skutik Entry Level, Mending Honda Beat atau Suzuki Nex II?

Liputan6.com, Jakarta – Honda Beat adalah salah satu skutik entry level yang diminati oleh masyarakat Indonesia. Harganya relatif terjangkau dan desainnya pun modern. Kemudian datang Suzuki Nex II, yang juga menawarkan banderol murah dan fitur mumpuni. Mana yang layak dipilih?

Dimensi keduanya memang mirip, karena bermain di kelas yang sama. Beat berbekal dimensi 1.865 x 666 x 1.068 mm (PxLxT), ground clearance 146 mm dan bobot sampai 93 kg. Nex II punya ukuran 1.890 x 675 x 1.045 mm, ground clearance 150 mm dan bobot juga 93 kg. Ukuran itu sangat pas untuk tinggi rata-rata orang Indonesia. Bahkan kaum hawa juga cocok memilih Beat atau Nex II. Kapasitas bagasi di bawah jok keduanya tak jauh berbeda.

Yang berbeda soal desain dan grafis. Beat memilih bermain dengan warna-warna cerah yang sarat jiwa muda. Suzuki Nex II juga punya opsi warna cerah dan grafis nyentrik, namun keseluruhannya lebih elegan. Didukung juga dengan desain lampu utama yang agak masuk, sehingga bodi pinggir lampu tampak tajam dinamis. Desain Beat malah terkesan biasa saja dan membosankan, seperti main aman.

Membandingkan fitur, masing-masing punya kelebihan. Honda Beat punya indikator eco pada panel meter untuk panduan berkendara irit. Ada juga fitur Idling Stop System (ISS) dan combi brake system (CBS) pada varian atas. ISS mematikan mesin sejenak saat motor berhenti lebih dari tiga detik. Sedang CBS mengintegrasikan pengereman belakang dan depan agar deselerasi optimal. Nex II tak punya ISS maupun CBS. Bekal fiturnya ada lampu LED dan kompartemen dengan port USB untuk pengisian daya smartphone. Melihat kebutuhan zaman sekarang, gimmick pengisi daya smartphone tampak lebih menarik ketimbang fitur lainnya.