Canggih, Wuling Almaz 7-Seater Mengerti dan Bisa Berbahasa Indonesia

Liputan6.com, Jakarta – PT SGMW Wuling Indonesia (Wuling) memperkenalkan Wuling Almaz 7-seater sebagai produk baru mereka. Model anyar ini memiliki Smart Multimedia 10.4 inci touchscreen yang dilengkapi fitur voice command berbahasa Indonesia. Mereka menyebutnya Wind alias Wuling Indonesian Command.

Yang menarik, fitur perintah suara interaktif ini adalah yang pertama kali dalam bahasa Indonesia untuk mobil-mobil yang dijual di Indonesia. Hanya saja, fitur Wind tidak terdapat pada varian Wuling Almaz 5-penumpang.

Fitur Wind dapat membantu pengemudi dan penumpang dalam mengaktifkan beberapa fitur dalam kendaraan.

Fitur dengan smart ecosystem ini memungkinkan pengguna menyalakan, mematikan, atau mengoperasikan berbagai fitur kendaraan, seperti pendingin udara, jendela, panoramic sunroof, akses fitur hiburan seperti musik atau radio, dan melakukan panggilan telepon.

Selain itu Wind dapat menjalankan aplikasi misalnya Wuling Link ataupun TPMS, memperbesar atau mengecilkan volume, serta menanyakan tanggal dan waktu saat ini.

“Bukan hanya pengemudi, penumpang juga dapat melakukan perintah suara sepanjang pengucapannya jelas. Tapi kalau tidak jelas pengucapannya Wind akan kebingungan. Bahkan, ketika kata penumpang ‘saya kedinginan’, fitur Wind bisa membaca, dan secara otomatis dia mengecilkan AC,” kata Danang Wiratmoko, Product Planning PT SGMW Wuling Indonesia.

Yang menarik untuk membedakan kedua varian Wuling Almaz, selain fitur Wind, varian 7-seater memiliki sapuan lampu di rear bumper, sementara model 5 penumpang tidak.

Sayangnya Wuling tidak mau membocorkan harga jual Almaz 7-seater.

“Nanti di GIIAS akan lebih jelas, saat peluncurannya akan kita informasikan,” kata Cindy Cai, Vice President Wuling Motors.

2 dari 2 halaman

Mesin dan Fitur Lain

Wuling Almaz dibekali mesin berkonfigurasi 4 silinder 1.500cc bensin turbocharged yang menghasilkan daya maksimal 140 HP dan torsi 250 Nm.

Kemudian, Transmisi CVT dipercaya memaksimalkan penyaluran tenaga tersebut ke roda depan dengan perpindahan gigi yang halus, serta pilihan mode berkendara eco, sport dan 8-percepatan manual simulation.

Selain itu sejumlah fitur modern turut tersemat, seperti panoramic Sunroof, start-stop button, keyless remote, keyless entry, hingga sound system keluaran Infinity by Harman.

Untuk keselamatan berkendara tersedia Auto Vehide Holding (AVH), Traction Control System (TCS), Brake Assist (BA), Emergency Stop Signal (ESS), Electric Parking Brake (EPB), Hold Control (HHC) Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Stability Control (ESC), Tire Pressure Monitoring System (TPMS), dan Electronic Brake force Distribution (EBD).

Di sektor interior Almaz mengaplikasi desain stunning dan sporti dengan Future Eyes LED dan lampu utama proyektor LED di bagian bawahnya.

Kemudian pada sisi samping, SUV ini menonjolkan gaya dynamic parallel dan floating roof serta pelek alloy berukuran 17 inci bercorak two-tone aluminium.

Beralih ke belakang, Wuling memasangkan bumper belakang dan muffler knalpot dengan sentuhan baru.