Daihatsu Komentari Kemunculan Kembaran Mitsubishi Xpander

Liputan6.com, Jakarta – Satu platform dengan Mitsubishi Xpander, kehadiran mobil baru Nissan di kelas low multi purpose vehicle (LMPV) menjadi perhatian pecinta otomotif saat ini.

Belum resmi mengaspal, model yang kabarnya akan bernama All New Nissan Livina ini sudah bocor di media sosial, dan diunggah oleh salah satu netizen.

Menanggapi hal tersebut, Direktur Pemasaran PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Amelia Tjandra mengaku tidak terganggu. Bahkan Ia menegaskan, Nissan Livina terbaru bukanlah saingan Daihatsu Xenia.

“Biasa saja, namanya pasar global. Biasa saja dia bukan saingan kita, kalau dia keluar yang kena siapa, kamu tanya yang kena. Kita bukan saingan Xpander, kalau itu kembaran Xpander ya tanya aja,” kata Amel di Sibolga, Sumatera Utara.

Saat disinggung kemungkinan strategi yang diusung pabrikan sama dengan duet Avanza-Xenia, Amel enggan berkomentar. Ia juga tak mau menduga-duga sebelum Nissan Livina terbaru benar-benar meluncur.

“Strategi dia kan belum keluar (mirip Avanza-Xenia) jadi kita enggak bisa menduga-duga. Ya tinggal mereka bertarung dengan pasar mereka, kan sama. Saya bilang dari awal saya konsisten, enggak ada pengaruh,” ujar Amel.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

Melihat dari wajah depan, mobil ini terlihat lebih sporty dengan dua lubang saluran udara. Sedangkan headlamp-nya, terlihat seperti Mitsubishi Xpander karena mengadopsi tampilan kotak dan terdapat foglamp.

Jika dilihat dari samping, terlihat jelas garis bodi yang tajam, dan benar-benar tidak berbeda jauh dari Mitsubishi Xpander.

Sebelumnya, memang sempat beredar kabar jika Nissan Livina baru ini bakal meluncur 28 Februari 2019. Namun, berdasarkan bocoran dari salah orang yang mengetahui rencana tersebut, Nissan baru ini akan meluncur 19 Februari 2019.

Bahkan, untuk ubahannya, salah satu tenaga penjual Nissan di kawasan Jakarta sudah membeberkan hal tersebut.

Meski berbasis dari Xpander, tenaga penjual tersebut menjelaskan mesinnya menggunakan kepunyaan Nissan. Sehingga karakternya akan berbeda. Terlebih lagi Nissan memiliki opsi transmisi CVT pada mobil Livina model lama.

Transmisi CVT sendiri memiliki karakter berkendara yang smooth dan juga irit bahan bakar jika digunakan dengan tepat. Pemilihan rasio gear secara otomatis yang menyesuaikan dengan kondisi jalan menjadi salah satu keunggulannya.