Daihatsu Setop Penjualan Copen di Indonesia, Ini Alasannya

Liputan6.com, Sibolga – Merupakan mobil yang hadir dengan desain imut dan masuk dalam golongan premium dari merek Daihatsu, Copen tak lagi dijual di Indonesia.

Sepanjang tahun 2018, data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) mencatat penjualan Daihatsu Copen secara wholesale hanya satu unit.

“Copen itu kalau diingat bukan sebagai volume maker. Jadi Daihatsu punya mobil yang lucu-lucuan bukan penjualan. Sudah setop jadi sekarang kita fokus pada current model,” kata Direktur Pemasaran Astra Daihatsu Motor Amelia Tjandra di Sibolga, Sumatera Utara.

Saat disinggung alasan Daihatsu setop menjual Copen, wanita yang akrab disapa Amel itu mengaku hadirnya model baru merupakan salah satu faktor mobil pabrikan Jepang tersebut tak lagi dijual.

“Iya bisa jadi, karena kita tak mau jual yang CVT-nya. Kita enggak mau membuat teman-teman di lapangan tak konsentrasi, karena kan kita sedang mengeluarkan model-model baru, konsentrasi di model baru,”ujarnya.

Hingga saat ini, Amel menegaskan tak lagi menjual Daihatsu Copen meski konsumen ingin memesan kendaraan tersebut. “Enggak mau jualan dulu lah ya repot. Kita sampai saat ini enggak mau terima dulu,” tuturnya.

2 dari 3 halaman

Spesifikasi Copen

Mobil yang satu ini mengusung desain mini sport, dengan ukuran dimensi 3.395 mm x 1.475 mm x 1.280 mm. serta memiliki bobot bersih 850 Kg dengan catatan mampu mempertahankan performanya maksimum untuk berat total 1040 Kg.

Menggunakan konsep D-Frame, sumbu roda depan dan belakang berjarak 2.230 mm dan ground clearance 115 mm serta radius putar minimum sebesar 4.6 meter.

Mobil ini telah dibenamkan mesin tiga silinder berkapasitas 658 cc, yang telah dilengkapi turbo intercooler, DOHC.

Mesin tersebut daya yang dihasilkan mencapai 64 Tenaga kuda pada 6.400 rpm dan torsi 9.4 kgm pada 3.200 rpm. Dengan daya ini, Daihatsu Copen diklaim mampu melesat dengan kecepatan 170 Km/jam.

3 dari 3 halaman

Saksikan Juga Video Pilihan di Bawah Ini: