Dongkrak Penjualan Mobil, Gaikindo Berharap pada GIIAS 2019

Liputan6.com, Jakarta – Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) berharap gelaran GIIAS 2019 dongkrak penjualan mobil tahun ini. Bahkan, pameran yang biasanya berlangsung pada Agustus setiap tahunnya ini, dimajukan menjadi Juli, karena untuk mengejar penurunan penjualan pada kuartal pertama 2019.

Dijelaskan Ketua Umum Gaikindo, Yohannes Nangoi ada beberapa poin yang menjadi tujuan dimajukannya gelaran yang berlangsung di ICE, BSD, Tangerang Selatan. Pasalnya, pada awal 2019, pihaknya sudah memprediksi akan ada penurunan penjualan karena tahun politik.

“Analisa kita benar, terjadi penurunan 13 persen pada kuartal pertama. Jadi, dengan memajukan pameran dua sampai tiga minggu, diharapkan bisa mendongkrak penjualan,” jelas Nangoi di sela-sela Konfrensi Pers GIIAS 2019 dan buka puasa bersama media, di Jakarta, Selasa (14/5) malam.

Lanjut Nangoi, sesuai dengan pengalaman Gaikindo, penjualan mobil dalam setahun ini, memang masih didominasi pada semester kedua, sekitar 50 sampai 60 persen. Sedangkan semester pertama, hanya menyumbang sekitar 40 sampai 43 persen.

“Tapi sampai saat ini, Gaikindo masih belum mengubah forecast, yaitu total penjualan kendaraan setahun masih di angka sekitar 1,1 juta unit,” tegasnya.

Percepatan jadwal pelaksanaan GIIAS 2019 ini, hanya akan berlangsung tahun ini. Sementara tahun depan, jadwal akan kembali seperti biasa, karena pameran ini sudah menjadi agenda dunia.