Harga Sekelas, Ambil Wuling Almaz atau Honda HR-V?

Liputan6.com, Jakarta Wuling Almaz langsung buat geger bursa SUV nasional. Dengan fitur yang berlimpah, lagi-lagi harga yang diberikan Wuling jauh di kompetitor yang punya fitur setara.

Kalau melihat spesifikasi mesin yang dilengkapi turbocharger, seharusnya Wuling Almaz head to head dengan Honda CR-V. Tapi karena banderolnya Rp318,8 juta maka Almaz bermain di perkarangan Honda HR-V.

Apalagi di segmen SUV crossover penghuni paling laris adalah Honda HR-V, jelas ini membuka peluang Wuling Almaz untuk menggeser konsumen Honda untuk berpaling padanya.

Ada satu tipe Honda HR-V yang punya harga sangat mirip dengan Wuling Almaz. Ya, Honda HR-V 1.5 E harganya Rp317,5 juta. Dengan harga beda tipis, manakah yang layak dipilih?

Desain dan Dimensi

Wuling Almaz secara dimensi memang lebih besar dari Honda HR-V. Ya, panjang, lebar dan tingginya berurutan 4.655 mm, 1.835 mm dan 1.760 mm. Sementara Honda HR-V, 4.294 mm, 1.772 mm, dan 1.580 mm. Perbandingan dimensi sebenarnya sudah bisa terlihat jelas dari jarak sumbu roda. Wuling Almaz 2.750 mm sedangkan Honda HR-V 2.610 mm.

Walaun kabinnya cukup untuk 7 penumpang, tetapi Wuling Almaz diformat 5 penumpang. Duduk di dalam pun terasa lapang, terutama di baris kedua. Honda HR-V bukan berarti sempit. Ukuran lebih kecil dari Almaz, tapi masih menawarkan akomodasi luas khas Honda. Jok belakangnya fleksibel dan dapat dilipat rata lantai.

Saat menilai desain eksterior, bagi kami keduanya atraktif. Honda HR-V masih belum bosan dilihat, meski sudah beberapa tahun dipasarkan. Untuk model facelift ini, sedikit mendapat penyegaran di fasad maupun buritan. Almaz berkata lain. Sosoknya masih menjadi magnet kala bertemu di jalan. Desain wajah masa kini dengan gaya lampu bertingkat, cukup memberi karakter. Meski mirip dengan desain mobil lain, tak dipungkiri, banyak yang menyukainya. Sayang desain peleknya kurang menarik. Perpaduan dua warna yang dilingkari hitam, membuat ukurannya nampak kecil.