Honda Belum Menyerah Kembangkan Sepeda Motor Hidrogen, tapi…

Liputan6.com, Jakarta – Pada 2017 lalu, Honda bekerja sama dengan Nissan dan Toyota untuk mengembangkan teknologi sel bahan bakar. Kemudian, menjelang tutup tahun, paten untuk sepeda motor hidrogen tersebut muncul ke publik, dan menandai kerja sama tiga jenama ini cukup membuahkan hasil.

Namun, untuk tahun berikutnya, tidak terdengar lagi rencana pengembangan sepeda motor hidrogen tersebut hingga saat ini.

Pada akhirnya, muncul paten sketsa baru yang muncul pada 9 April 2019 lalu. Dalam gambar tersebut, merinci sistem asupan udara untuk sepeda motor bertenaga sel bahan bakar tersebut, dan membuktikan Honda sudah membuat banyak kemajuan untuk pengembangan sepeda motor hidrogen.

Saluran udara ini berada di di depan mesin dan samping, dan tertanam fairing. Saluran ini akan dirancang serta keluar ke belakang kembali dengan bantuan kipas.

Gambar paten ini juga menunjukkan motor akan mengadopsi siluet standar, dengan lampu depan ganda menumpuk, tanpa kaca depan, dan menggunakan rangka cradle.

Tangki hidrogen akan ditempatkan di bawah sadel, dan tenaga akan disalurkan ke roda belakang menggunakan semacam hub dibanding rantai atau belt.