Ini Dia 5 Keunikan Toyota Hiace 2019 yang Meluncur di Filipina

Liputan6.com, Jakarta Sebagai kendaraan komersil ringan andalan Toyota, Hiace terus hadir dengan inovasi dan terobosan baru. Februari 2019, Toyota resmi memperkenalkan Toyota Hiace generasi keenam ke publik. Filipina menjadi negara pertama di Asia, selain Jepang yang mendapatkan kehormatan untuk launching perdana Hiace generasi terbaru.

Minibus yang sangat cocok untuk dipakai sebagai mobil wisata atau travel antar kota dengan daya angkut memadai dan kenyamanan moderat ini memiliki perubahan signifikan dan keunikan tersendiri dibanding generasi-generasi sebelumnya.

Berikut ini 5 keunikan Toyota Hiace 2019 yang baru meluncur di Filipina dikutip dari Oto.com:

1. Hiace punya moncong di depan

Penampilan luar Hiace generasi keenam jelas berbeda dari Hiace sebelumnya. Kadar kemewahannya pun turut ditingkatkan. Hiace baru memiliki moncong di depan yang menjadi rumah mesin. Tadinya tanpa moncong, mesin berada di bawah jok kabin depan. Bertambahnya hidung, untuk lolos regulasi keselamatan di Jepang.

2. Kabin lebih lega

Toyota menghadirkan Hiace dalam dua tipe, yakni tipe normal dan long, keduanya dibedakan dari dimensi. Untuk Normal memiliki panjang 5.265 mm, lebar 1.950 mm, tinggi 1.990 mm, dan wheelbase 3.210 mm. Sementara untuk tipe Long, ia memiliki ukuran yang lebih panjang, yakni 5.915 mm untuk panjang, lebar 1.950 mm, tinggi 2.280 mm, dan wheelbase 3.860 mm.

Toyota Hiace 2019 yang Baru Meluncur di Filipina.

Berkat dimensi lebih besar dan tata ruang yang baik, ruang mesin dimajukan, kabin Hiace semakin lega, khususnya pada ruang kaki. Kemudahan mengakses kabin turut meningkat. Kenyamanan dan kadar keselamatan bisa dimaksimalkan berkat sasis anyar yang dikembangkan berdasar pada TNGA.

Diklaim, dengan kenyamanan Hiace baru, penghuni kabin tak cepat lelah dalam perjalanan panjang sekalipun. Ada pilihan dengan kabin yang bisa diisi 12, 15, 15 dan 17 orang. Interior dispesialisasikan dengan fungsi yang bisa mendukung bisnis seperti pariwisata, travel dan shuttle.

3. Tiga varian Hiace

Hiace baru memiliki Commuter Deluxe, GL Grandia dan GL Grandia Tourer. Ada pilihan transmisi manual dan otomatis, keduanya sudah 6-speed. Sementara performa, Hiace anyar juga punya jantung mekanis baru. Mesin turbo diesel 1GD-FTV 2,8 liter menghasilkan 176 hp. Selain itu, ada pilihan mesin bensin 7GR 3,5 liter.

Untuk varian Commuter Deluxe, mesin tersebut menghasilkan tenaga 173 hp dan torsi 420 Nm. Sedangkan pada GL Grandia memiliki torsi yang sedikit lebih besar yaitu 450 Nm. Berkat punya moncong di depan, kini mesin tersebut tidak lagi terletak di bawah jok pengemudi dan penumpang depan, melainkan berada di bagian depan.

4. Fitur keselamatan ditingkatkan

Desain baru Hiace yang memiliki moncong mampu meredam tabrak depan lebih baik. Toyota sebagai pabrikan pertama yang memasang airbag tengah di bangku depan. Kantung udara ada tiga tipe SRS untuk varian Commuter Deluxe dan dua SRS airbag untuk varian GL Grandia dan GL Grandia Tourer.

Toyota Hiace 2019 yang Baru Meluncur di Filipina.

Selain itu, kecuali tipe Commuter Deluxe, Hiace baru punya vehicle stability control (VSC), hill start assist (HSA), rem ABS dan emergency brake signal (EBS). Sedang Hiace Commuter Deluxe juga punya rem ABS dan fitur EBS.

5. Teknologi baru

Teknologi lain terkait performa, ada exhaust gas recirculation (EGR), dual mass flywheel (DMF) yang meredam getaran mesin agar kabin tak bising, variable power steering, perpindahan gear lebih halus dan ringan, serta suspensi MacPherson strut di depan dan per daun di belakang.

Toyota Hiace generasi terbaru sudah meluncur di Filipina, dan negara lain bakal menyusul kemudian. Sedikitnya ada 150 negara di dunia yang memasarkan Toyota Hiace, termasuk Indonesia. Saat ini, Hiace terbaru yang bisa didapatkan konsumen tanah air adalah Hiace generasi ke lima yang terdiri dari tiga varian, Hiace Standart, Hiace Commuter, dan Hiace Luxury. Selengkapnya kunjungi tautan ini untuk mengetahui keunggulan Hiace Luxury.

(Adv)