Jangan Sembarang, Ini Cara Melalui Turunan Tajam dengan Mobil

Liputan6.com, Jakarta – Turunan tajam sering membuat pengemudi merasa khawatir, terlebih mereka yang masih dalam tahap belajar dan belum mampu menguasai kendaraan dengan baik. Tak jarang, kecelakaan karena mobil terperosok atau menabrak kendaraan lain di depannya terjadi.

Tak hanya jadi masalah bagi pengemudi pemula, mereka yang berpengalaman sekalipun harus mengetahui dengan baik trik dan cara melintasi turunan tajam.

Berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi kekhawatiran melewati turunan tajam seperti dilansir Garda Oto, Selasa (8/10/2019).

Untuk mobil bertransmisi manual, pengemudi dapat memposisikan transmisi di gear terendah ketika melalui jalur turunan curam. Hal ini memungkinkan kendaraan untuk berjalan pelan dan mengantisipasi apabila rem kurang kuat menahan laju kendaraan.

Khusus mobil bertransmisi otomatis, pengemudi cukup menempatkan tuas transmisi di posisi gear kedua, dan bila dirasa masih kurang, Anda bisa memindahkan tuas ke posisi L agar mendapatkan efek pengereman mesin.

Banyak pengemudi melakukan kesalahan saat berkendara di turunan tajam, karena mengatur transmisi ke posisi netral dengan tujuan menghemat konsumsi bahan bakar. Tentu hal seperti ini tidak disarankan karena tidak akan memberikan efek pengereman, sehingga sering mengakibatkan mobil tak terkendali.

2 dari 3 halaman

Cek Kondisi Kampas Rem

Selain masalah teknis, mengemudi juga sangat berpengaruh. Pastikan untuk selalu tenang dalam berkendara dan tidak mudah panik ketika mengalami masalah.

Turunan tajam memang menjadi momok untuk beberapa pengendara, namun sebaiknya Anda bijak dalam mengambil keputusan agar tidak membahayakan diri sendiri dan pengguna jalan lain.

Selain itu, mengecek kondisi mobil secara rutin juga harus dilakukan. Jangan lupa perhatikan penggantian kampas rem.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: