KIA Indonesia Menggeliat, Ini Buktinya

Liputan6.com, Jakarta – All New Picanto dikabarkan siap diluncurkan. Hatchback mungil ini bakal menjadi produk perdana KIA Indonesia setelah pabrikan otomotif itu diambil alih pengelolaannya oleh Indomobil Group. 

Berdasarkan unggahan brosur hatchback yang beredar di dunia maya. Spesifikasinya terpampang jelas, dengan dua varian: GT-Line yang menjadi tipe tertinggi dan EX di bawahnya.

Yuk kita bedah spesifikasinya:

Secara dimensi, tak ada ubahan signifikan. Tingginya bertambah 5 mm, tepatnya 3.595 x 1.595 x 1.495 mm. Jarak sumbu roda juga lebih renggang 15 mm, yakni 2.400 mm.

Desain mengalami banyak ubahan. Wajahnya menjadi lebih sporty, dengan grille besar yang menghubungkan kedua lampu.

Bumper juga tampil dominan dengan kisi-kisi dan desain kekinian. Sektor penerangannya sudah memakai teknologi proyektor LED dengan fungsi Bi Function, Auto Light dan Delay Function.

Penggunaan LED turut mencakup Daytime Running Light (DRL), foglamp dan lampu kombinasi di buritan.

Lebih canggih karena kedua pilihan Picanto sudah memakai spion elektrik yang dapat dilipat secara otomatis, dan punya pemanas untuk mencegah terciptanya embun.

Khusus varian GT-Line diberikan tambahan aksen kromium pada garis jendela dan grille. Bodinya dibubuhkan enam opsi kelir: Shiny Red, Clear White, Titanium Silver, Black Pearl, Celestial Blue dan Milky Beige.

Interior All New Picanto disuguhkan dalam dua pelapis. Kulit diaplikasikan pada GT-Line, di jok dan kemudi.

Aura sporty makin terasa berkat pedal akselerasi dan rem aluminium. Sementara EX dilapisi kain. Setir masing-masing varian hanya punya pengaturan tilt dan kontrol audio.

2 dari 2 halaman

Fitur-Fitur

Head unit sebagai perangkat hiburan berupa layar sentuh 7 inci berdesain melayang. Diperkuat konektivitas seperti bluetooth voice recognition, USB, AUX, Apple Car Play dan Android Auto. Guna memastikan keluaran suara mumpuni, 4 speaker utama dan 2 tweeter dipasangkan.

Beralih ke jantung mekanis, All New Picanto menggunakan Kappa 1,25 liter berteknologi Dual Continuously Variable Valve Timing.

Mampu menghasilkan 84 PS di 6.000 rpm dan 121,6 Nm pada 6.000 rpm. Ini dipadu dua opsi sistem transmisi, manual 5-speed dan otomatis konvensional 4-speed.

Kaki-kaki Picanto teranyar mengandalkan kombinasi MacPherson Strut di depan dan Coupled Torsion Beam Axle di belakang. Lantas dikombinasikan bersama pelek alloy 15 inci dan dibalut ban 185/55. Untuk penghela laju mempercayakan cakram berventilasi di kedua roda depan dan teromol di buritan.

Terakhir, brosur itu juga mengungkapkan sistem keselamatan dan keamanan yang dibawa Picanto terbaru. Sabuk pengaman 3 titik ditempatkan di baris depan dan kedua sisi bagian belakang.

Sementara penumpang yang di tengah diperkuat sabuk pengaman 2 titik. Dual SRS airbag menyempurnakan perlindungan area depan. Sementara untuk kemudahan manuver saat parkir, Picanto dilengkapi Parking Assist dengan Dynamic Parking Guideline.

Sumber: Oto.com