Land Rover Defender 2020 Resmi Diperkenalkan, Intip Kecanggihannya

Liputan6.com, Frankfurt – Frankfurt Motor Show 2019 menjadi momen yang tepat bagi Land Rover untuk memperkenalkan Defender generasi terbaru. Land Rover Defender terbaru ini ditawarkan dalam 2 varian, yaitu seri 90 yang merupakan model tiga pintu dan 110 yang lebih panjang dengan lima pintu. Keduanya dipecah lagi dalam empat pilihan mesin.

Jantung mekanis 4 silinder berkubikasi 2,0 liter mempunyai tiga keluaran tenaga. Pilihan 197 Tk dan 236 Tk disetel agar menghasilkan 430 Nm. Sementara dapur pacu 300 PS punya momen puntir lebih kecil, 400 Nm. Paling tinggi berkonfigurasi 3,0 liter 6 silinder dan ditunjang sistem mild-hybrid. Hasilnya daya dorong yang tercipta sebesar 394 Tk dengan torsi 550 Nm. Versi plug-in hybrid Defender, dikabarkan siap pada 2020 seperti dilansir dari Motor1.com (10/09). Ia ditopang sistem penggerak AWD (all-wheel drive) untuk semua opsi.

Wujudnya berubah signifikan, jauh lebih kekinian mirip versi konsep. Kesannya ia lebih gemuk dengan lekukan membulat di berbagai sudut. Walau karakter kaku melalui bidang lurus masih dipertahankan. Aura tangguh sayangnya sedikit berkurang, berganti gaya modern. Apalagi wajahnya yang menjadi dominan. Lampunya tetap berbentuk bulat, tapi dengan bingkai kotak. Overhang-nya pendek, menyiratkan kepiawaian di medan off-road. Pintunya tampak begitu panjang, terutama terlihat di seri 90. Kemudian area belakangnya diselipkan gaya floating pillar. Begitu pula buritan yang mengaplikasi lampu kombinasi kotak dengan sudut melembut.

Meski begitu, ciri khas lamanya tetap dipertahankan. Seperti garis horizontal membentang dari ujung depan hingga belakang. Bagian belakang tempat bertenggernya ban serep masih terasa ada sentuhan gaya lama dengan sisi tegak.

Konsumen bisa melakukan kustomisasi Land Rover Defender sebebas-bebasnya. Setidaknya ada lebih dari 170 aksesori tersedia untuk dipadupadankan. Ada pula paket aksesori yang dapat dipilih: Adventure, Country, Explorer dan Urban. Ini membuat mobil tak hanya berpenampilan, tapi juga punya performa yang sesuai dengan kondisi lingkungan.

2 dari 3 halaman

Harga

Defender 110 dibanderol dari £45.240 atau Rp 784 jutaan. Termasuk pula versi komersialnya yang dijual sekitar £35.000 atau Rp 606 jutaan. Sementara Defender 90 dilego setelahnya, dengan harga £40.000 atau Rp 693 jutaan, dan yang komersial £35.000 atau Rp 606 jutaan.

Interior juga berubah total. Tak hanya modern, tapi juga kompak. Paling mencolok, layar sentuh 10 inci dengan sistem infotainment Pivi Pro. Fiturnya tidak kalah menarik, pengendalian di medan off-road didukung fungsi Configurable Terrain Response. Selain itu, ada setelan akselerasi tiga level dan sensitifitas gearbox

Sumber: Oto.com

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: