Lepas Liburan, Pastikan Toolkit dan Perkakas Lainnya Tetap Ada di Mobil

Liputan6.com, Jakarta – Memiliki mobil, tidak hanya bisa mengemudikan kendaraan dengan baik saja, tapi juga mengerti cara merawatnya. Paling tidak, saat dalam kondisi mendesak atau darurat, pengemudi atau pemilik bisa menjadi mekanik atau montir dadakan.

Menangani masalah yang terjadi di mobil, dibutuhkan toolkit tambahan, dan hal tersebut wajib ada di mobil kesayangan.

Biasanya, toolkit merupakan jenis kunci dengan berbagai ukuran, obeng, tang dan perkakas standar lainnya. Namun tak cuma itu perkakas yang wajib disiapkan di dalam mobil. Ada sejumlah alat tambahan lain yang sebaiknya disimpan di kabin mobil untuk mendukung dalam keadaan mendesak.

Pertama, kotak pertolongan pertama pada kecelakaan (P3K). Biasanya, kotak P3K berisikian kapas, perban, dan alkohol, serta obat-obatan lainnya.

Berikutnya, senter. Tak ada artinya jika perkakas mengganti ban sudah lengkap, tapi tak bisa dilakukan karena hari sudah gelap. Senter juga bisa dimanfaatkan untuk mendukung perbaikan di mesin maupun mencari barang yang terselip di kolong jok.

2 dari 3 halaman

Perkakas Tambahan

Perkakas tambahan lain perlu disiapkan di mobil terkait dengan ban. Siapkan alat pengukur tekanan angin ban dan pompa elektrik portabel. Ketika ban kurang angin, cukup colok pompa dengan soket elektrik dan lakukan penambahan angin sesuai ukuran. Boleh juga menyimpan flat tyre repair kit. Perlengkapan untuk Anda melakukan tambal ban tubeless sendiri.

Terakhir jangan lupa kabel jumper. Kalau aki mobil soak dan kondisi tak memungkinkan untuk melakukan penggantian, kabel jumper solusinya.

3 dari 3 halaman

Simak Video Pilihan Berikut Ini: