Membedah Mesin Terbaru Mazda 3

Liputan6.com, Jakarta – Mazda3 yang dirilis di Eropa dikabarkan menggunakan mesin baru berteknologi SkyActiv-X. Belum banyak infornasi mengenai mesin ini, namun situs resmi Mazda Slovakia mengungkapnya.

Mesin SkyActiv-X Mazda 3 kabarnya akan mengadopsi teknologi Spark Controlled Compression Ignition (SPCCI). Teknologi ini membuat busi dapat mengontrol waktu pengapian pada periode tertentu.

Jantung penggerak SkyActiv-X baru Mazda 3 diklaim lebih hemat bahan bakar hingga 30% dibandingkan SkyActive-G. Selain itu, dapur pacu ini juga diklaim memiliki tenaga yang lebih besar, mencapai 178 hp dengan torsi 222 Nm.

Sayangnya tidak ada info terkait kapasitas mesin yang digunakan pada Mazda 3. Namun, jika mengacu pada prototipenya, mobil sedan ini memiliki kapasitas mesin 2,0 liter.

Belum terdapat juga info terkait penggunaan sistem M Hybrid pada mesin Mazda 3 ini. M Hybrid merupakan sistem hybrid ringan yang memanfaatkan generator e-motor untuk menyimpan energi terbuang saat melakukan pengereman.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

Pada info tersebut juga masih tercantum opsi mesin SkyActiv-G yang memiliki tenaga 120 hp dengan torsi 213 Nm untuk model bertipe SkyActiv-G122.

Selain itu, ada juga pilihan mesin SkyActiv-D116 yang mengadopsi mesin turbodiesel berkapasitas 1,8 liter. Konfigurasi tersebut menghasilkan tenaga 114 hp dengan torsi 270 Nm.

Sedangkan untuk sistem transmisi tersedia dua pilihan yaitu manual 6-percepatan dan otomatis 6-percepatan. Tersedia juga pilihan sistem penggerak All-Wheel-Drive (AWD) i-Activ dari Mazda.

Sumber: Otosia.com