Mengemudi Malam Hari Saat Arus Balik, Perhatikan Empat Hal Ini

2. Periksa lampu utama mobil

Di malam hari, lampu utama mobil sangat membantu ketika sedang bepergian. Pastikan keadaan lampu utama mobil berfungsi dengan baik.

Keadaan lampu utama yang redup berdampak sangat buruk terhadap penglihatan dan membutakan pengendara lain. Ketika berkendara, pastikan pula cahaya lampu dari dalam mobil lebih redup sehingga tidak mengganggu penglihatan.

Dengan menggunakan lampu utama, pastikan juga tidak membuat pengendara lain silau ketika berpapasan dengan mobil Anda.

Selain berbahaya bagi pengendara lain, hal tersebut juga dapat membahayakan keselamatan diri Anda. Tips lain yang dapat dilakukan adalah dengan menyalakan lampu mobil di waktu senja, meskipun masih cukup terang, dengan menyalakan lampu lebih dulu, Anda dapat membantu pengendara lain untuk lebih waspada.

3. Perhatikan sekitar dan waspada

Cara terbaik untuk menghindari sebuah kecelakaan lalu lintas pada malam hari adalah dengan memperhatikan cahaya dan pergerakan sekitar serta terus melihat kaca pada mobil.

Menjaga mata tetap waspada adalah hal yang penting baik untuk memperhatikan lampu dari mobil lain, apabila ada yang tidak menggunakan lampu utama.

Pada malam hari sulit untuk memperhatikan keadaan sekitar seperti hewan-hewan di pinggir jalan, anak-anak yang berada di pinggir jalan atau bahkan sampah kecil yang dapat menyebabkan masalah pada mobil nanti.