Mengenal Kelebihan dan Kekurangan Rem Parkir Elektronik

Liputan6.com, Jakarta – Fitur EPB (Electronic Parking Brake) atau rem parkir elektronik sudah disematkan pada mobil-mobil keluaran terbaru. Fungsinya sama dengan rem tangan biasa, hanya dioperasikan secara elektrik.

Selain kecanggihannya, beberapa orang juga menganggap fitur EPB membuat tampilan konsol tengah menjadi lebih ringkas, rapi, dan tampak modern.

Sebelum fitur ini diterapkan pada semua mobil, tak ada salahnya menyimak dulu beberapa kelebihan dan kekurangan EPD seperti dikutip Bestcarweb.jp dari Kenichi Yoshikawa, teknisi Nissan.

Kelebihan EPB

1. Praktis

EPB dinilai lebih praktis dibanding versi konvensional. Untuk mengaktifkannya cukup menginjak rem kaki dan menekan tombol EPB di konsol tengah. Mematikan EPB juga tak sulit. Anda hanya perlu mengungkit tombol EPB ke atas.

2. Non-aktif otomatis

EPB di beberapa mobil bahkan lebih praktis dengan adanya fitur automatic release. Artinya, sesaat setelah tuas transmisi dipindah ke “D”, EPB akan mati secara otomatis.

3. Lebih aman

Karena menggunakan perangkat elektronik, EPB dapat terhubung ke fitur cruise-control. Dengan demikian, teknologi ini dapat aktif dan mati secara otomatis sehingga tak membuat pengendara cepat lelah.