Menjajal Skateboard Listrik Carbon Fibre di Hong Kong

Liputan6.com, Jakarta – Global Sources Consumer Electronics berlangsung pada 11–14 Oktober 2019 di Asia World Expo, Hong Kong.

Selain menampilkan 4.000 booth yang mencakup berbagai barang elektronik. Pameran ini juga menghadirkan beragam kendaraan listrik yang menarik.

Salah satu yang Liputan6.com coba adalah skateboard listrik SYL-16 lansiran SoulRun yang berbahan serat karbon.

Brady Chen selaku Sales Director Soul Run, mengatakan,” Skateboard ini dapat meluncur hingga jarak 40 km. Kecepatan puncaknya adalah 35 kpj.”

Meskipun berbahan serat karbon, bobot kotornya adalah 15,5 kg. Menyamai sepeda lipat konvensional yang berbahan aluminium.

Berat tersebut berasal dari 2 hub motor yang menghasilkan tenaga gabungan 1.600 watt. Dan baterai lithium 36 volt/ 8,8 Ah.

Brady mengklaim bobot pengendara maksimum adalah 120 kg, tanpa pikir panjang, saya yang berbobot 82 kg ini langsung menjajalnya.

2 dari 2 halaman

Rasa Berkendara

Skateboard listrik ini mengadopsi remote control dengan transmisi Bluetooth. Pengendaliannya pun hanya maju dan memperlambat laju.

Untungnya sistem akselerasinya adalah proporsional, jadi tidak seperti tombol on/off pada RC mainan.

Liputan6.com bisa merasakan torsi yang dimuntahkan motor listrik bertenaga 1.600 watt. Sayangnya, area pameran ini tak bisa menjadi lahan untuk menjajal potensi kecepatan maksimum yang mencapai 35 kpj.

Untuk menggerakan skateboard ke kiri atau kanan cukup mudah, hanya dengan mengatur distribusi bobot ke arah kiri atau kanan. Karena deck-nya berjenis longboard, maka skate ini terasa stabil.

Mengenai harganya, skateboard listrik ini dibanderol USD550 untuk pembelian mininum 50 unit. Untuk diketahui, Global Sources Electronics akan hadir di Indonesia pada 5-7 Desember 2019 di Jakarta Convention Centre (JCC), Jakarta.