Mercedes-Benz 300 SL Gullwing, Mobil Langka Milik BJ Habibie

Liputan6.com, Jakarta – Tanah air baru saja berduka. Presiden ke-3 Indonesia BJ Habibie berpulang pada hari Rabu (11/9). Dikenal sebagai sosok jenius, tokoh yang dijuluki Mr Crack ini sangat berkontribusi pada dunia penerbangan.

Namun ternyata tak hanya pesawat, BJ Habibie juga ternyata mencintai kendaraan-kendaraan lawas. Di rumahnya, terdapat garasi serupa parkiran pusat perbelanjaan yang menyimpan puluhan mobil dan motor klasik. Untuk mobil, kebanyakan adalah produksi pabrikan ternama asal Jerman yaitu Mercedes-Benz.

Salah satu koleksi mobil BJ Habibie yang cukup menarik perhatian adalah Mercedes-Benz 300 SL Gullwing. Diproduksi antara tahun 1954 hingga 1957, mobil ini adalah tipe sport pertama Mercedes yang memiliki pintu gullwing yaitu pintu yang dapat dibuka secara vertikal.

Mercedes-Benz 300 SL Gullwing pertama kali diperkenalkan pada Februari 1954 di New York International Motor Sport Show. Bahkan, mobil ini sempat mendapatkan gelar Sports Car of The Century pada tahun 1999.

Performa Tinggi

Meskipun termasuk mobil lawas, performa yang dimiliki tidak main-main. Menggunakan mesin berkapasitas 3,0 liter dengan enam silinder dan transmisi empat percepatan, mobil ini memiliki tenaga hingga 215 Tk dan dapat menyentuh kecepatan puncak 260 km/jam.

Mercedes-Benz 300 SL Gullwing juga memiliki kemampuan akselerasi yang mampu menyentuh kecepatan 100 km/jam dalam waktu 7.4 detik.

Pada masanya, mobil ini hanya diproduksi sebanyak 1.400 unit. Sekitar 1.100 di antaranya terjual di Amerika Serikat sementara sisanya tersebar di seluruh dunia dan salah satunya dimiliki oleh BJ Habibie.

Penulis: Khema Aryaputra

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓