Mobil VW Bisa Berkomunikasi dengan Pengendara Lewat Lampu

Liputan6.com, Jakarta – ID.3 merupakan kendaraan full electric pertama yang diluncurkan oleh Volkswagen (VW). Mobil yang siap dipasarkan pada pertengahan tahun depan ini disebut memiliki beberapa fitur yang menarik. Salah satunya lampu yang dapat berkomunikasi dengan pengendara.

Dilansir Autoevolution, lampu ini nantinya bukan hanya membantu pencahayaan tetapi mampu untuk memberi pesan pada pengendara melalui pergantian warna tergantung situasi.

Menggunakan LED, lampu ini akan berada di bagian kokpit dan memberi informasi tentang beberapa hal pada pengendara.

Salah satunya, ketika terdapat orang di kursi pengendara, lampu akan menyala untuk memberitahu bahwa mobil siap digunakan.

Selain itu, sistem yang diberi nama ID.Light ini dapat memberikan sinyal yang memberitahu kapan harus menginjak rem atau mengangkat telepon.

Lampu ini juga dapat berkedip untuk memberi rekomendasi berpindah jalur karena satu dan lain hal.

2 dari 2 halaman

Warna Lampu

Warna yang dihasilkan lampu akan tergantung dari pesan yang disampaikan. Warna hijau bisa berarti baterai sudah terisi penuh, sementara warna merah menandakan peringatan untuk waspada.

“Dengan lampu ini, kendaraan akan terasa lebih personal dan merupakan cara yang simpel dan intuitif untuk berkomunikasi,” ucap Valentina Wilhelm selaku User Experience Designer Volkswagen.

Belum diketahui apakah fitur ini akan menjadi standar bagi ID.3 atau merupakan opsi tambahan.

Penulis: Khema Aryaputra