Modifikasi Ringan Ini Bikin Honda CRF250 Rally Makin Asyik Buat Harian

Liputan6.com, Jakarta – Tren motor dual purpose tengah naik belakangan ini. Tidak hanya digunakan untuk bertualang, tidak sedikit pemilik motor dual purpose menggunakannya untuk harian.

Meski memiliki kemampuan hidup di dua alam. Motor jenis ini masih dianggap masih memiliki kelemahan. 

Salah satunya yang ditemui pada Honda CRF 250 Rally. Angga Kurniawan dari Anjany Racing Speed Shop mengatakan, ada sedikit kekurangan terutama buat penggunaan harian.

“Kebetulan saya punya motornya dan selalu dipakai buat harian juga. Tapi, terasa kurang responsif dengan kapasitas mesin yang besar,” katanya kepada Oto.com

Dijelaskan Angga, para pngguna CRF 250 Rally merasa tenaganya besar dengan mesin 250 cc. Tapi, kampas kopling yang kurang responsif malah membuat perangkat ini tersiksa.

“Makanya sering sekali kampas kopling jadi gosong. Ini juga terjadi karena per kopling bawaan CRF 250 Rally kurang responsif. Untuk mengatasinya bisa diganti dengan parts after market, tidak perlu bore up,” sahutnya.

Pemilik bengkel di bilangan Jalan Panjang, Jakarta Barat ini, menyediakan beragam kebutuhan itu dengan harga variatif.

Sebagai contoh, Honda CRF 250 Rally miliknya, sudah menggunakan kampas dan per kopling dengan harga hanya Rp 650 ribu.

2 dari 3 halaman

Ubahan Lain

Tapi, ubahan itu saja ternyata belum cukup. Makanya, dia menambahkan beberapa perangkat lagi agar performa motor seharga Rp 74 jutaan itu mantap. Angga menyematkan gear set dengan mata 13-42 disarankan untuk ikut diterapkan.

“Gear set diganti biar selaras. Harganya juga cuma Rp 450 ribu. Semua penggantian tadi pengerjaannya cuma butuh waktu 30 menit. Tapi, kalau mau akselerasi lebih mantap bisa tambahkan lagi dengan accent wire. Jangan lupa setel kembali shock belakang karena keempukan kalau buat di jalan raya,” tutur Angga.

“Sekarang ini sudah banyak sekali yang mempraktekannya dan terbukti lebih enak buat harian. Apalagi kalau buat cross country, waktu pengerjaannya cukup singkat dan murah,” ujarnya lagi.

Jika punya budget lebih, bisa ganti dengan knalpot aftermarket dan piggy back. Pastinya, bengkel Anjany menyediakan segala kebutuhan itu.

Termasuk jika pengguna CRF 250 Rally membutuhkan paketan bore up. Mulai dari blok mesin berikut packing, piston hingga porting. Dihitung-hitung, biayanya berkisar Rp 8 jutaan termasuk jasa.

Sumber: Oto.com

3 dari 3 halaman

Saksikan Juga Video Pilihan di Bawah Ini: