Pabrikan Ini Siapkan SUV Bermesin BMW yang Terinpirasi Defender

Jaguar Land Rover (JLR) bersiap menghadirkan Land Rover Defender terbaru dengan balutan modernisasi. Hal itu diperlihatkan melalui sebuah model yang terbungkus stiker kamuflase di markas JLR Inggris.

Diwartakan oleh situs TopGear, pihak manufaktur sudah memberi konfirmasi, mobil baru itu benar Defender terbaru. Bukan Defender edisi spesial, atau modifikasi. Ya benar, itu adalah Defender baru dengan desain yang jauh lebih modern. Ditargetkan, sekitar dua tahun mendatang mulai menyapa konsumen.

“Jaguar Land Rover punya program pengembangan teknologi dan teknik yang sangat luas. Kami bisa mengonfirmasi, program Defender dalam progres yang baik dan telah mencapai tahap yang seru dalam pengembangannya,” ungkap perwakilan JLR seperti diungkap TopGear.

Dari penampakan bisa dilihat bentuk luar Defender sudah berubah. Desainnya ada kemiripan dengan mobil konsep Land Rover DC100, yang pernah muncul di dunia maya pada 2011 – 2012 silam. Hanya, Defender kali ini terlihat sedikit lebih besar dibanding DC100, yang kala itu dibuat dengan layout dua kursi penumpang. Sementara penampakan Defender baru punya kabin lebih lapang dr DC100. Boleh kalau dibilang DC100 versi short wheel base dan Defender yang dipamerkan long wheel base.

Bisa dilihat ada dua pintu samping, kap mesin tinggi berdesain agak kaku, wajah dengan lampu dan bumper besar serta fender yang atletis tapi tidak agresif atau berlebihan. Bagian kaca samping belakang, ciri khas Defender LWB (110), masih tertutup rapat stiker kamuflase.

Sementara tailgate menggunakan model engsel samping. Secara keseluruhan bodi Defender baru memang dilebur desainnya dengan bahasa desain modern. Untuk mempertahankan nilai klasik, desain kaku kotak menyudut masih dipertahankan pada Defender baru itu.

Ini menarik, melihat nama Defender sudah termasuk salah satu produk otomotif legendaris. Selama 67 tahun, desain dasar Defender hampir tak berubah. Penggemar fanatik mungkin bakal ada yang tak menerima desain baru Defender itu.