Pengembangan Daihatsu Sigra Melibatkan Anak Bangsa, Ini Buktinya

Liputan6.com, Jakarta – Setelah resmi meluncur September lalu, PT Astra Daihatsu Motor (ADM) kembali mengajak Jurnalis otomotif menjajal ketangguhan New Sigra di kota Bandung. Dengan menggunakan varian tertinggi Sigra, yakni R Deluxe, perjalanan dimulai dari kota Bandung menuju Lembang pada 10-11 Oktober 2019.

Tak hanya mencoba performanya, perusahaan otomotif asal Jepang tersebut juga berbagi informasi seputar proses pengembangan Daihatsu Sigra terbaru. Dikembangkan R&D ADM Indonesia, proses pengembangan minor change ini merupakan keberhasilan pertama anak bangsa.

Pada sesi ini, ADM melakukan sharing proses pengembangan sebuah produk, khususnya New Sigra. Secara garis besar, proses ini memiliki 3 tahap utama, yaitu dimulai dari styling process, engineering process, dan test & validation process.

Pada tahap pertama styling process, Daihatsu mengawalinya dengan survey pasar, pencarian konsep, sketsa gambar, clay modeling, dan perwujudan Data 3 Dimensi.

Selanjutnya, terdapat engineering process, dimana gambar desain mobil tadi diubah menjadi gambar teknis untuk menerapkan desain konstruksi terbaik pada setiap bagian dan diwujudkan dengan proses pembuatan prototipe yang siap untuk diproduksi.

Dalam proses test & validation, produk prototipe diuji performa, kekuatan, keamanan, dan ketahanannya untuk memastikan mobil yang diproduksi Daihatsu sesuai dengan kondisi Indonesia dan berkualitas global.

Sebagai informasi, Fasilitas R&D Center Daihatsu di Indonesia bermarkas di Kawasan Industri Suryacipta, Karawang, Jawa Barat ini dibangun sejak 2011.

2 dari 2 halaman

R&D Center Daihatsu

R&D Center Daihatsu memiliki fasilitas Design Center, Engineering Center, serta Test Course lengkap yang memiliki 24 macam kondisi jalan yang mewakili medan jalanan di Indonesia, serta 4 tipe tanjakan, test banjir dan lumpur dengan luas total sebesar 25 Hektare (Ha).

Daihatsu merupakan perusahaan manufaktur pertama di Indonesia yang memiliki fasilitas R&D Center terbesar dan terlengkap dimana proses pengembangan 100 persen dilakukan oleh putera-puteri bangsa. 

Pembangunan R&D Center ini merupakan komitmen Daihatsu dalam memajukan industri otomotif Tanah Air sekaligus menyiapkan ADM sebagai production base dan product base Daihatsu di Indonesia, serta menjadi aset nasional.

“New Daihatsu Sigra merupakan produk minor change ke-5, yang semua pengembangannya dilakukan oleh para engineer anak bangsa di R&D PT Astra Daihatsu Motor Indonesia,” Jelas Soni Satriya R&D Design Engineering Executive Coord.