Perlu Diperbaiki, Bus Listrik Transjakarta Dinilai Terlalu Lebar

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta, telah melakukan pra uji coba bus listrik milik Transjakarta. Bahkan, acara ini dihadiri langsung oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bersama Dirut PT Transjakarta Agung Wicaksono, Sekda DKI Jakarta Saefullah dan beberapa pejabat lainnya.

Pra uji coba ini menggunakan dua dari tiga bus yang berasal dari pabrikan Cina, Build Your Dream (BYD). Sedangkan sisanya, dari PT Mobil Anak Bangsa (MAB).

Permasalah uji coba bus listrik ini, sejatinya adalah waspada banjir, karena Jakarta masih sering mengalami hal tersebut, terlebih jika curah hujan tinggi. Lalu, apakah bus listrik ini sudah aman saat menerjang banjir?

Dijelaskan Presiden Direktur PT Bakrie Autoparts, Dino A. Ryandi, sebagai pemasok bus listrik Tranjakarta, bus ini sudah dites di segala medan. Mulai dari altitude paling tinggi (atmosfir tipis), daratan rendah yang sangta panas, termasuk daerah yang tingkat kelembaban tinggi.

“Mereka (BYD) menjamin tidak ada masalah, karena sirkuit (listrik) tertutup. Sebagian baterai ada di atap,” Dino, saat dihubungi Liputan6.com, Senin (29/4/2019).