Pernah Populer, Volkswagen Beetle Resmi Disuntik Mati

Liputan6.com, Puebla – Produksi terakhir Volkswagen Beetle di Meksiko memegang peranan penting dalam transformasi Volkswagen. 

Beetle generasi pertama sangat digemari di seluruh dunia. VW Beetle generasi kedua pernah merasakan manisnya penjualan saat pertama kali diperkenalkan di tahun 1998. Dilansir Carscoops, penjualan dari tahun 1998 hingga 2010 menembus 1,2 juta unit. Sedangkan Beetle generasi ketiga menembus penjualan 500 ribu unit dari 2011 hingga sekarang.

Scott Keogh, Volkswagen Group of America CEO, mengatakan, “ Tak mungkin membayangkan bagaimana jadinya Volkswagen tanpa Beetle. Pada saatnya tiba, Beetle memegang peranan penting dalam evolusi kami.”

Final Beetle mengadopsi warna Denim Blue coupe dan akan dipamerkan di museum Volkswagen di Puebla, Meksiko. Meski produki Beetle telah berakhir, pabrik Volkswagen di Puebla akan merakit crossover baru untuk pasar Amerika Utara. Model tersebut diposisikan di bawah Tiguan dan akan dipanggil Tarek.

2 dari 3 halaman

Tidak Ada Metamorfosis VW Beetle Jadi Mobil Listrik

Pernah beredar rumor bahwa VW Beetle akan terlahir kembali sebagai kendaraan listrik. Tapi rumor itu ternyata tak benar. Melansir MotorTrend, CEO VW, Herbert Diess, tak membenarkan akan hadirnya VW Beetle listrik.

“Platform ID Buzz bisa lebih mudah dipakai untuk membuat turunannya, ketimbang platformkonvensional. Sebab platform ini juga didukung dengan flat battery yang bisa membuat desain ekspresif. Anda bisa membuat kendaraan yang ekspresif dengan mudah,” ujar Diess kepada MotorTrend saat Geneva Motor Show 2019.

Seolah menganulir soal semua desain cocok untuk semua mobil VW, Diess mempertegas soal Beetle listrik.

“Tidak. Tapi saya pikir kita tak bisa begitu saja menutupi mobil bersejarah Volkswagen dengan mobil listrik, dan kami seharusnya tak melakukan hal itu,” tegas Diess.

Pernyataan Diess itu dinilai menjelaskan bahwa tak akan lagi ada Beetle, bahkan versi listrik. Pernyataan itu juga mengisyaratkan bahwa para pecinta Beetle harus berpisah selamanya dengan mboil ikonik itu.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: