Punya Mobil Putih, Jangan Pernah Malas Melakukan Perawatan

Liputan6.com, Jakarta – Mobil berwarna putih menjadi salah satu yang menjadi favorit pembeli kendaraan. Pasalnya, secara estetika mobil berkelir putih memang tampak lebih elegan.

Namun, pemilik mobil warna yang satu ini tidak boleh lalai dengan yang namanya perawatan. Karena seiring pemakaian warna putih bisa berubah menjadi menguning, yang akhirnya akan membuat tampilan warna mobil menjadi tampak kusam.

Melansir laman resmi Suzuki Indonesia, pada dasarnya, warna putih punya pigmen yang lebih berat jika dibandingkan dengan warna lain. Dalam jangka waktu tertentu, pigmen itu bisa masuk ke dalam lapisan bawah cat, sementara campuran yang lain akan naik ke permukaan.

Dengan sifat pigmen tersebut, maka dalam jangka waktu tertentu, yang biasanya tidak sebentar, akan membuat warna tadi menimbulkan efek menguning, khususnya untuk warna white pearl. Sudah cukup banyak pemilik mobil warna white pearl yang mengalaminya.

Proses menguning pada warna cat putih biasanya terjadi ketika mobil berusia di atas tiga tahun. Bahkan bisa lebih cepat jika pemilik mobil tidak peduli dalam merawat mobil, seperti selalu parkir di ruang terbuka, jarang mencuci mobil, dan kurang perawatan.