Punya Uang Rp150 Jutaan, Pilih Toyota Agya Baru atau Yaris Bekas?

Liputan6.com, Jakarta – Bagi Anda yang berminat membeli mobil dengan dana Rp150 jutaan dan Anda mengincar mobil perkotaan Toyota, maka pilihannya adalah Toyota Agya baru atau Yaris bekas.

Jika mengincar Yaris, maka Yaris bekas yang Anda dapatkan adalah generasi ke-2 di Indonesia. Ya, harga Toyota Yaris bekas 2014 – 2015 di pasaran berkisar Rp 150 juta. Malah bisa lebih murah kalau beruntung. Untuk varian Yaris tahun itu punya tiga pilihan tipe. Paling bawah tipe E, tipe G dan yang tertinggi TRD Sportivo. Sedang paling dicari, antara Tipe G dan TRD Sportivo.

Agya varian tertinggi TRD, menawarkan pilihan transmisi manual 5-speed dan otomatis 4-speed. Transmisi itu bertugas menyalurkan daya dari mesin 4-silinder 1,2 liter dual VVT-i bertenaga 86,8 Tk pada 6.000 rpm dan torsi maksimalnya, 107 Nm pada 4.200 rpm. Angka performa tergolong biasa saja. Yang dikejar malah efisiensi, dengan kapasitas 1.197 cc dan teknologi dual VVT-i.

Bandingkan dengan Yaris generasi 2 yang dijual di sini. Hatchback yang kerap disebut Yaris ‘lele’ itu berbekal mesin 1NZ-FE, 4-silinder 1,5 liter VVT-i DOHC. Tenaganya 107 Tk pada 6.000 rpm dan torsi maksimal 141 Nm pada 4.200 rpm. Pilihan transmisinya manual 5-speed atau otomatis 4-speed. Generasi Yaris 2014 sudah dibekali teknologi drive by wire, bisa menyesuaikan injakan pedal akselerator dengan output mesin secara elektronik. Hasilnya, diklaim efisien dan tenaga lebih baik. Tapi perlu diingat, kelemahan terbesar Yaris ini ada pada radius putar. Ya, kalau untuk berkelit di gang-gang sempit, Toyota Agya lebih asyik.

2 dari 3 halaman

Agya bekas Vs Yaris Baru

Dimensi jelas, Yaris lebih besar. Toyota membekali Yaris 2014 dengan ukuran 4.115 x 1.700 x 1.475 mm (PxLxT), jarak sumbu roda 2.550 mm dan ground clearance 149 mm. Sedang dimensi Agya TRD 3.600 x 1.600 x 1.520 mm dan jarak antar sumbu roda 2.450 mm. Dari data jarak sumbu roda, bisa dibuktikan kabin Yaris terasa lebih lapang ketimbang Agya. Baik untuk duduk maupun bagasinya. Sedang jok baris kedua, bisa dilipat dengan kongigurasi 40:60 untuk bagasi ekstra.

Kelengkapan eksterior Agya TRD memakai lampu depan proyektor, LED light guide, lampu kabut, lampu sein pada spion dan body kit khas TRD. Sedang Yaris bekas, kalau memilih tipe E, belum ada lampu kabut dan DRL, serta minim body kit. Tipe G sudah dilengkapi lampu kabut dan punya aksen kromium maupun silver. Agya memakai pelek alloy 14 inci dan Yaris 2014 sudah 16 inci. Spoiler belakang Yaris sangat kecil, hampir tak kentara. Tapi tipe G ada LED high mount stop lamp. Baik Agya dan Yaris, sudah punya wiper untuk kaca belakang.

Sementara interior, sama-sama memakai kain fabric untuk membungkus jok. Warna kabin juga dominan gelap, dengan Yaris memberi sentuhan silver pada sejumlah titik kabin. Untuk jok, Yaris lebih baik. Salah satunya karena punya headrest. Sedang Agya memakai desain semi bucket dengan sandaran kepala menyatu.

3 dari 3 halaman

Pilih Mana?

Fitur bawaan Agya termasuk head unit 2DIN, yang bisa dihubungkan ke smartphone melalui Bluetooth. Kontrol audio pada palang kemudi juga tersedia. Punya Yaris lebih canggih, layar sentuh 5,9 inci dengan beragam konektivitas dan dukungan pemutar CD. Mulai tipe G, disediakan 6 speaker.

Oh ya, untuk mengakses penyejuk kabin, Yaris masih menggunakan sistem putar. Sedang yang otomatis cuma tersedia untuk Yaris TRD Sportivo. Penjamin keselamatan, Agya punya dua kantong udara dan rem ABS. Sedang Yaris juga punya dua airbag ditambah rem ABS+EBD+BA.

Umumnya, bagi pembeli pertama lebih suka memilih Agya kalau punya dana Rp 150 jutaan. Ketimbang mobil bekas, meski dari kualitas keseluruhan Yaris di atas Agya. Tapi tak sedikit juga yang langsung mencari Yaris bekas sebagai mobil pertama. Untuk diketahui, Yaris bekas jadi salah satu hatchback yang diburu selain Honda Jazz.

Jaminan nama besar Toyota dengan dukungan banyak diler dan suku cadang, membuat orang percaya untuk membeli Yaris bekas. Kalau bisa mendapat Yaris generasi 2, tahun muda, kondisi oke dan harga di bawah Rp 150 juta, Anda cukup beruntung.

Sumber: Oto.com