Sebelum Mudik dengan Sepeda Motor, Cek Komponen Penting Ini

Pemeriksaan biasanya akan meliputi penggantian oli mesin, busi, pemeriksaan atau penggantian saringan udara, pemeriksaan atau penggantian kampas rem, penyetelan kopling, penyetelan rantai dan pemeriksaan mesin.

“Hal ini sangat bermanfaat karena macet-macetan di jalan akan dilalui pemudik, dan tentu sangat berbeda dengan perjalanan harian seperti biasa. Pada saat mudik, mesin motor akan bekerja lebih keras, utamanya karena kondisi lalu lintas yang padat dan macet,” ujar Ade.

Hal selanjutnya ialah periksa kondisi ban dan kaki-kaki. Tekanan ban motor sangat memengaruhi keamaan dan kenyamanan dalam berkendara, karena itu pastikan tekanan sesuai dengan anjuran yang sudah di tetapkan untuk ban depan dan ban belakang.

Akan berbeda ukuran apabila berboncengan atau membawa beban berat. Sebaiknya pengendara menambahkan tekanan lebih banyak 4 PSI.

“Jangan paksa ban yang sudah tidak layak atau gundul untuk mudik. Karena akan membahayakan diri sendiri atau orang lain. Dianjurkan menggunakan ban dengan ukuran yang standar pabrikan. Begitu pula bagian kaki-kaki, shockbreaker, pelek, pastikan masih maksimal menahan beban,” tuturnya.

Hal terakhir ialah memeriksa sistem kelistrikan. Perhatikan apakah fungsi lampu depan, lampu rem, lampu sign, kondisi accu dan pengisiannya, serta kabel-kabel kelistrikan.