Selain Evoque, JLR Bakal Luncurkan Land Rover Discovery

Liputan6.com, Jakarta – PT Wahana Auto Ekamarga (WAE) sebagai agen pemegang merek (APM) Jaguar, Land Rover, dan Bentley tahun ini bakal menghadirkan banyak model baru. Selain Range Rover Evoque yang sudah disebutkan sebelumnya, pabrikan premium asal Inggris ini juga bakal membawa Land Rover Discovery 2,0 liter.

“Kami ingin membawa Land Rover 2,0 liter, karena kami selama ini baru bawa yang 3,0 liter,” ujar Brand Director Jaguar Land Rover, Jentri Izhar, saat berbincang dengan wartawan, di Tea Addict, Selasa (12/2/2019).

Lanjut Jentri, dengan membawa mesin 2,0 liter tren penurunan mesin memaksa produsen yang terkenal dengan mesin besar ini untuk turut memangkas kapasitasnya. Hal tersebut juga berhubungan dengan ramah lingkungan, serta regulasi pajak yang meringankan dari segi emisi.

“Tujuan pengenalan Discovery 2,0 liter dengan teknologi yang baru, sudah jauh lebih mumpuni, punya output dan torsi yang besar, dan memang cukup untuk medan offroad,” tegasnya.

2 dari 3 halaman

Selanjutnya

Sementara itu, dengan membawa Discovery 2,0 liter tidak menjadikan model 3,0 liter yang tidak diberhentikan. Namun, penjualan tipe tersebut, hanya sesuai pesanan konsumen yang berminat.

“Hanya kami tidak akan stok. Karena peminatnya terlalu niche. Untuk pemesanan unit, datangnya bisa sampai enam bulan,” pungkasnya.

Untuk diketahui, Land Rover Discovery 2,0 liter bensin memang terpangkas hampir 1.000 cc dari mesin 3,0 liter.

Tenaganya tetap besar, mencapai 300 Tk dan hanya selisih 40 Tk dari versi 3,0 liter. Torsinya pun terpaut sedikit, hanya 50 Nm dan bukan jumlah yang perlu dikhawatirkan. Apalagi skema penggerak 4WD, dan sistem elektronikal pengaturannya tetap sama. Jadi kemampuan jelajahnya harusnya tak jauh berbeda.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: