Shock Motor Selalu Bocor, Coba Cek Bagian Ini

Jika terus dipaksakan untuk digunakan, dalam jangka waktu tidak terlalu lama shock akan kembali bocor. Oli akan menyebur keluar secara perlahan-lahan dari sela-sela seal karet.

“Kalau sudah baret, ya jangan dipakai lagi. Harus ganti. Tapai kalau inner tube-nya tidak lecet, lalu bocor, cukup ganti seal-nya saja, sekalian ganti juga olinya. Pengisian oli shock kanan kiri takarannya harus sama, jangan satu sama lain berlebihan atau kekurangan. Dan perlu diingat setiap jenis motor berbeda takaran pelumasnya, misalnya matic dan sport tentu berbeda,,” imbuhnya.

Sejauh ini belum ada patokan baku kapan oli shock harus diganti. Namun Dadan menyarankan sebaiknya periksa suspensi depan tiap 8000 km. Selain itu sering-seringlah membersihkan bagian kaki-kaki dan shock dari kotoran.

“Motor harus rajin-rajin dicuci, terlebih sering melewati jalan becek dan berlumpur atau hujan. Jangan bersihkan bagian bodinya saja, tapi juga kolong-kolong motor dan suspensi, karena biasanya kotoran banyak mengendap di area situ,” tutupnya.

Sumber: Otosia.com