Suzuki Ignis Disuntik Mati di Bollywood, Tidak Laku?

Liputan6.com, New Delhi – Suzuki merupakan salah satu pabrikan otomotif yang laris di India. Namun, Maruti Suzuki India Limited (MSIL) dikabarkan menyetop produksi Suzuki Ignis. 

Dilansir Rushlane, ternyata Ignis punya model terbaru. Jelas saja, model sebelumnya udah enggak diproduksi lagi.

Memang belum ada pengumuman resmi dari Suzuki, tapi dealer premium Nexa, yang menjual deretan mobil premium Suzuki termasuk Ignis, mengindikasikan hal tersebut. Ignis model 2018 sendiri sudah dua tahun dijual dengan rata-rata penjualan 2.500 unit.

Lalu perubahan apa yang didapat Ignis 2019?

Di bagian eksteriornya akan ada bumper dengan desain baru, headlamp pakai LED projector, pelek velg alloy baru. Sedangkan interiornya akan dibekali SmartPlay Infotainment System, yang sama dengan Wagon R 2019 dan Baleno, serta komponen-komponen yang lebih berkualitas.

Sementara mekanikalnya tak ada yang berubah. Mesin bensin 1.2L K12 masih akan menjadi sumber tenaga Ignis. Mesinitu menghasilkan daya 83 Tk dan torsi 113 Nm yang dipadukan dengan transmisi manual 5-percepatan dan otomatis 5-percepatan.

Sebenarnya ada pilihan mesin diesel untuk Ignis. Sayangnya mesin 1.3L DDiS 190 bertenaga 74 Tk dan torsi 190 Nm itu tak lagi dipakai karena permintaan pasar yang rendah.

Sumber: Otosia.com

2 dari 3 halaman

Suzuki Ignis Punya Gaya Baru, Seperti Apa?

Suzuki Ignis Limited Edition hadir dengan perubahan minor.

Suzuki Ignis cukup populer di Indonesia. Bahkan popularitasnya mengalahkan city car atau LCGC. Tak heran bila tiap perubahan yang bakal dialaminya menjadi menarik untuk diikuti.

Kali ini, ada Suzuki Ignis Limited Edition. Hanya saja ada di India. Sebenarnya, versi limited edition ini tak jauh berbeda dengan versi standar. Seperti melansir Indianautosblog, Ignis Limited edition ini mendapat tampahan paket aksesori yang terdiri dari faux skid plate, rocker panel garnish, branding Ignis pada door cladding, dan roof spoiler lebih sporty.

Sementara di bagian interior, versi edisi terbatas ini mendapatkan pelapis jok premium dan karpet untuk kabin yang lebih menarik. Selebihnya tak ada yang berubah.Begitu juga pada sisi mekanikal, versi edisi terbatas ini masih menggunakan mesin standar. Mesin K12M bensin 1.2L 4-silinder yang mampu memuntahkan tenaga 82,94 PS dan torsi 113 Nm. Beralasan tak lagi diminati, mesin D13A diesel 1.3L milik Ignis pun tak lagi dipakai sejak awal tahun ini.

Mesin tersebut dipadukan dengan transmisi manual 5-percepatan atau otomatis manual 5-percepatan yang mengirimkan tenaga ke roda depan. City car Suzuki ini pun cukup efisien dalam hal bahan bakar, yakni 20,89 km/l.Paket aksesoris Ignis Limited Edition ini naik seharga INR 29.990 atau setara Rp 6,1 jutaan. Sedangkan versi edisi terbatas Ignis dilego seharga INR 557.771 atau Rp 114,5 jutaan (Kurs INR 1 = Rp 205).

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: