Teknologi Ini Bisa Memantau Sopir Bus dan Truk Mercedes-Benz

Liputan6.com, Jakarta – PT Daimler Commercial Vehicles Indonesia (DVCI) selaku agen pemegang merek untuk kendaraan niaga Mercedes-Benz memperkenalkan teknologi yang bermanfaat untuk melacak kendaraan mereka. 

Teknologi yang bernama FleetBoard Indonesia tersebut adalah sebuah sistem pengelolaan armada yang komprehensif dan dibuat untuk memastikan pengoperasian kendaraan niaga Mercedes-Benz jadi lebih efisien dan produktif.

FleetBoard Indonesia ini dirancang  untuk mendukung pertumbuhan bisnis transportasi di Indonesia. Dalam teknologi FleetBoard tersebut turut dilengkapi oleh beberapa fitur seperti Vehicle Tracking and Track Player, dan 3rd Party System Integration.

Teknologi tersebut juga diklaim dapat melengkapi sistem manajemen pemeliharaan armada yang saat ini sudah ada seperti Fuel Monitoring, Fuel Theft Warning, Engine Operation Monitoring and Hourmeter, serta Service Interval and Periodical Administration Reminder.

Pihak Daimler juga menjelaskan bahwa teknologi tersebut sangat fleksibel terhadap penambahan perangkat atau fitur lain yang berguna menunjang sistem manajemen armada. Seluruh fitur dalam teknologi FleetBoard Indonesia tersebut, menurut DCVI mampu membantu penghematan biaya operasional serta meningkatkan pertumbuhan bisnis para pengusaha niaga.

“DCVI telah melihat bagaimana pelanggan kami berkembang dan berharap dapat ikut merasakan pertumbuhan yang lebih besar menyusul meningkatnya sektor perekonomian yang siginifikan di sektor transportasi logistik, infrastruktur dan transportasi jalan raya dimana kendaraan niaga Mercedes-Benz dapat memainkan peranan penting,” ungkap Maximilian Knorr selaku Marketing Director Daimler Commercial Vehicles Indonesia.

2 dari 3 halaman

Selanjutnya

Max juga menambahkan “FleetBoard Indonesia telah didesain khusus untuk mendukung pelanggan kami agar dapat menjalankan bisnis mereka dengan lebih mudah dan efisien. FleetBoard Indonesia memberikan laporan yang akuran dan real time bagi para pelanggan agar mereka dapat menyusun strategi yang paling efektif untuk pertumbuhan bisnisnya”.

Teknologi ini nantinya akan terpasang di dalam sistem komputerisasi kendaraan. Tidak ada tampilan layar pada bagian kabin, sehingga para pengemudi tidak dapat merasakan atau mengetahui bahwa perjalanan mereka terus dipantau oleh manajemen perusahaan.

Selain dapat memantau pergerakan truk atau bus tersebut, FleetBoard juga dapat memantau gaya berkendara si pengemudi. Selanjutnya, jika pengemudi tersebut memiliki gaya berkendara yang berbahaya atau melaju di atas kecepatan rata-rata, maka selanjutnya akan diinfokan kepada pihak manajemen perusahaan atau pemilik jasa transportasi tersebut.

Untuk pemantauan FleetBoard Indonesia sendiri dapat dilihat melalui website yang bisa diakses di layar komputer atau smartphone dengan gaya tampilan menyesuaikan. Teknologi ini saat ini hanya menjadi opsi bagi setiap pemilik kendaraan niaga Mercedes-Benz dan dapat dipesan di seluruh dealer kendaraan niaga Mercedes-Benz.

Terkait harga dari teknologi tersebut, menurut pihak DVCI, semuanya bergantung kepada masing-masing dealer, karena harga hanya ditentukan oleh pihak dealer. Namun, pihak DVCI menjamin bahwa konsumen akan mendapatkan garansi selama 1 tahun, gratis biaya jasa teknisi selama masa langganan aktif jika terjadi kerusakan pada FleetBoard Indonesia, serta gratis biaya pengiriman dan pemasangan untuk wilayah pulau Jawa.

Sumber: Otosia.com

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: