Wajib Tahu, Ini Keunggulan Motor Injeksi Dibanding Karburator

Seperti sudah disebutkan sebelumnya, motor yang menggunakan teknologi injeksi memiliki pembakaran yang lebih sempurna. 

Pembakaran yang lebih sempurna ini akan berpengaruh terhadap konsumsi bahan bakar. Karena pembakaran lebih sempurna, maka proses pembakaran pun akan menjadi lebih optimal. Pembakaran optimal ini juga akan berpengaruh terhadap konsumsi bahan bakar kendaraan.

Selain itu, injector biasanya memiliki setelan program yang sesuai dengan standar pabrik.  Pabrik juga akan menyetel ECM pada motor sehingga konsumsi bahan bakar yang paling optimal bagi motor dapat dicapai.

3. Tidak Repot Melakukan Penyetelan

Apabila sistem pembakaran masih menggunakan sistem karburator, maka sering terjadi perubahan setelan AFR. Biasanya, perubahan setelan ini diakibatkan oleh getaran – getaran yang dihasilkan mesin, atau kualitas karburator yang semakin menurun.

Hal ini tidak akan terjadi pada sistem pembakaran motor injeksi. Pengolahan AFR yang terjadi pada motor injeksi dikontrol dan diperintahkan oleh sistem komputer yang bernama Electronic Control Module. 

Electronic Control Module atau ECM ini sudah memiliki setelan dan konfigurasi yang fix, sehingga dapat diubah apabila menggunakan software dan komputer. Hal ini dapat mengurangi kerepotan pemotor dalam menghadapi setelan konfigurasi karbutor yang sering berubah – ubah.